Minggu, 05 Oktober 2014

Tugas Soft skill ilmu budaya dasar

Nama : Gilang Putra Utama
Kelas : 1id13
NPM : 33414559


                                                                Jawaban

1. Manusia adalah makhluk utama diantara semua makhluk natural dan supranatural, manusia mempunyai jiwa bebas dan hakikat hakikat yg mulia. Manusia juga disebut makhluk yg sadar diri. artinya bahwa manusia adalah satu-satunya makhluk hidup yg mempunyai pengetahuan atas kehadirannya sendiri. dia mampu mempelajari, manganalisis, mengetahui dan menilai dirinya.Manusia tidak pernah puas dengan apa yang ada, tetapi berjuang mengubah seperti yang seharusnya. 
                  Yang membedakan manusia dengan makhluk lainnya adalah :
   Manusia pada hakekatnya sama saja dengan mahluk hidup lainnya, yaitu memiliki hasrat dan tujuan. Ia berjuang untuk meraih tujuannya dengan didukung oleh pengetahuan dan kesadaran. Perbedaan diantara keduanya terletak pada dimensi pengetahuan, kesadaran dan keunggulan yang dimiliki manusia dibanding dengan mahluk lain. Atau sering disebut kekurangan dan kelebihan masing-masing. Manusia merupakan mahluk yang memiliki karakter paling unik. Manusia secara fisik tidak begitu berbeda dengan binatang, sehingga para pemikir menyamakan dengan binatang. Letak perbedaan yang paling utama antara manusia dengan makhluk lainnya adalah dalam kemampuannya melahirkan kebudayaan.
Dibanding dengan makhluk lainnya, manusia mempunyai kelebihan.kelebihan itu membedakan manusia dengan makhluk lainnya. Kelebihan manusia adalah kemampuan untuk bergerak dalam ruang yang bagaimanapun, baik di darat, di laut, maupun di udara. Sedangkan binatang hanya mampu bergerak di ruang yang terbatas. Walaupun ada binatang yang bergerak di darat dan di laut, namun tetap saja mempunyai keterbatasan dan tidak bisa meampaui manusia.

2. Seperti di ketahui banyak orang budaya berasal dari kata sanskerta, yaitu buddhayah.Buddhi yang artinya budi atau akal. Berarti Budaya adalah hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia.

Menurut Andreas Eppink, kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian nilai sosial,norma sosial, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, dan lain-lain, tambahan lagi segala pernyataan intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat.

Menurut Edward Burnett Tylor, kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat.

Menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi, kebudayaan adalah sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.

3. Menurut saya, kepribadian Bangsa Timur di masa sekarang ini banyak sekali budaya-budaya yang mulai hilang sedikit demi sedikit.  Menghilangnya budaya di Bangsa Timur khususnya Indonesia berkaitan dengan masuknya budaya-budaya asing ke Indonesia. Contohnya orang Indonesia sebagian besar sudah berani berpakain baju yang terbuka, tidak menutup aurat. Karna itu akibat dari budaya-budaya asing yang masuk ke Indonesia. Masyarakat Indonesia juga lebih memilih makan-makanan yang berasal dari luar negri, seperti KFC, Steak, Pizza, dll.

4. Kasus permasalahan kebudayaan yang ada di lingkungan saya tidak jauh dari permasalahan yang barusan saja kita bahas di no.3 tadi. Iya, kebudayaan di lingkungan tempat tinggal saya sedikit-sedikit menghilang karna anak remaja Sekolah Menengah Atas (SMA) sudah berani berpakain yang memperlihatkan auratnya dan menurut saya bahkan pembaca itu hal yang tidak sopan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar